Jenjang sosial, merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat baik yang tinggal di kota maupun di desa. Hal ini dikarenakan setiap manusia memiliki keinginan untuk dihargai maupun dihormati lebih dari manusiia manapun, sehinggga akan terbentuk jenjang sosial yang akan mengakibatkan adanya pembedaan sosial di dalam masyarakat.
Jenjang, sosial adalah, suatu kondisi dimana berada pada posisi yang memiliki tingkatan-tingkatan berdasarka kelas sosial di masyarakat yang sedang diraihnya. Sehingga jenjang sosial senantiasa berubah seiring dengan pencapaian dan keberhasilan seseorang dalam merubah kelas sosialnya.
FAKTOR PENENTU KELAS SOSIAL
PENGUKURAN KELAS SOSIAL
PENDEKATAN SISTEMATIS
PEMASARAN PADA SEGMEN PASAR BERDASARKAN KELAS SOSIAL
Pemasaran pada segmen, berdasarkan kelas sosial
berbeda - beda sesuai dengan kelas sosial yang ingin dituju. Suatu produk yang
diproduksi, dengan sasaran penjualan konsumen yang berada pada kelas sosial
yang tinggi. Umumnya, pemasaran menggunakan iklan yang premium atau lebih
bersifat eksklusif, karena, dapat diketahui bahwa masyarakat pada kelompok ini
memiliki status sosial yang tertinggi, mereka lebih memilih, produk yang
higinies, terbaru, bermerk, dan kualitas yang sangat bagus.
Berbeda, apabila produk yang diproduksi dengan
sasaran penjualan,masyarakat pada kelas sosial rendah. Penggunaan iklan kurang
digencarkan dan umumnya lebih
menggunakan promosi yang lebih kuat karena, masyarakat pada kelas sosial ini
lebih mengutamakan sebuah kuantitas suatu produk dengan harga yang murah.
DIFUSI
Merupakan suatu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu kelompok ke kelompok lain atau dari satu masyarakat ke masyarakt lain. Dengan proses tersebut manusia mampu menghimpun penemuan - penemuan baru yang dihasilkan.
Dengan adanya diifusi, suatu penemuan yang telah diterima oleh masyarakat dapat diteruskkan dan disebarkan pada masyarakat luas sampai seluruh manusia dapat menikmati kegunaan penemuan bagi kemajuan peradaban.
elemen- elemen difusi :
- InovasiSuatu ide, barang, kejadian, metode, yang diamati sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang, baik hasil discovery maupun invensi diadakan guna mencapai tujuan.Suatu inovasi, dalam proses difusi terbuka kemungkinan terjadinya perubahan atau modifikasi, dan para penerima inovasi bukan berperan secara pasif hanya sekedar menerima apa yang diberikan. Komunikasi merupakan salah satu elemen yang tidak dapat ditinggalkan dalam proses difusi inovasi
- Saluran tertentuKomunikasi disini diartikan sebagai proses pertukaran informasi antar warga masyarakat, sehingga terjadi saling pengertian satu sama lain. Komunikasi denga tipe khusus yaitu difusi, yang menggunakan sesuatu hal yang baru (inovasi) sebagai bahan informasi. Kegiatan komunikasi dalam proses diifusi mencakup :o suatu inovasio Individu / kelompok yang telah mengetahui dan berpengalaman dengan inovasio Individu / kelompok yang belum mengenal inovasiKomunikasi, dalam proses difusi adalah upaya mempertukarkan ide baru / inovasi oleh seseorang atau unit tertentu yang telah mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan inovasi tersebut kepada seseorang atau unit lain yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai inovasi, melalui saluran komunikasi tertentu.
Peranan, dimensi waktu dalam
proses difusi,
a. Proses Keputusan
inovasi
Merupakan proses sejak, seseorang mengetahui
inovasi pertama kali sampai ia memutuskan untuk menerima atau menolak inovasi.
Terdapat lima langkah,
dalam proses keputusan inovasi, yaitu :
- Pengetahuan tentang inovasi
- Bujukan atau himbauan
- Penetapan atau keputusan
- Penerapan
- Konfirmasi
Namun, ke-5 tahap diatas,
tiadak semuanya terlalui karena mungkin terdapat pengecuallian
Contoh, seseorang
memutuskan menerima inovasi tanpa melalui tahap himbauan.
b. kepekaan seseorang terhadap
inovasi
TIdak semua orang
dalam suatu, system sosial menerima inovasi dalam waktu yang sama.mereka
menerima inovasi dalam waktu yang sama.
Mereka menerima inovasi dalam urutan waktu, artinya ada yang dahulu ada yang
kemudian.Pihak yang menerima inovasi lebih dahulu secara relative lebih peka,
terhadap inovasi daripada yang menerima inovasi lebih akhir.
c. Kecepatan penerimaaan
inovasi
Kecepatan penerimaan
inovasi ialah kecepatan relative diterimanya inovasi oleh warga masyarakat/
anggota system sosial. Kecepatan inovasi biasanya diukur berdasarkan lamnya
waktu yang diperlukan untuk mencapai presentase tertentu dari jumlah warga
masyarkat yang telah menerima inovasi.
- Sistem sosialSystem sosial merupakan hubungan antar individu atau unit dengan bekerja sama untuk memecahkan masalah guna mencapai tujuan anggota system sosial dapat berupa inividu, organisasi, kelompok dan sub system lainnya yang ssaling pengertian dan memberi hubungan timbal balik.
Referensi: diolah dari berbagai sumber